Kegunaan Wood Pellet

Kegunaan Wood Pellet

Wood Pellet menjadi sebuah energy terbarukan yang banyak diminati oleh berbagai Negara di dunia. Negara-negara yang memiliki empat musim pada setiap tahunnya memiliki minat yang tinggi untuk produk ini. Pellet kayu ini sangat mudah diproduksi di Indonesia karena industri kehutanan di tanah air memang sangat baik.

Hasil olahan dari limbah kayu ini kemudian dikemas dengan rapi sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan sebagai alternative dari energy bahan-bahan fosil. Hasilnya juga sangat baik dan terbukti dapat mengurangi polusi. Harga dari produk WP juga cukup murah sehingga bisa dinikmati oleh berbagai macam kalangan.

Kegunaan Wood Pellet di Berbagai Sektor

Pelet kayu nyatanya tidak hanya digunakan untuk kepentingan rumah tangga saja. Namun, kegunaannya juga bisa dinikmati oleh para pelaku industri. Beberapa pelaku industri mulai dari sektor pembangkit listrik, industri teh, industri makanan, industri minyak atsiri, maupun industri keramik dan kaca dapat memanfaatkan WP untuk melakukan penghematan.

Berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh Wood pellet membuatnya dipilih oleh berbagai macam kalangan. Sejumlah industri termasuk industri makanan dan minuman sudah beralih untuk menggunakan pellet kayu sebagai bahan utama untuk melakukan proses produksi. Berbagai jenis WP yang sering digunakan untuk industri makanan dan minuman adalah :

  1. Stoker Burner Boiler

Ini merupakan jenis dari pellet kayu paling sederhana. Pada stoker burner jenis ini hanya memiliki panggangan kecil yang bisa dipasangkan pada feed auger. Ini dilengkapi dengan sebuah kipas angin dan sulit untuk memisahkan suplai udara ke panggangan. Akibatnya, terjadilah overheating dan formasi kerak tegangan tinggi yang bisa dimanfaatkan.

 

  1. Moving grate boiler

Jenis wood pellet ini dikenal dengna nama inclined grate boiler. Tipe ini memiliki saluran udara primer dan sekunder. Pada bagian boiler terbesar akan ditambahkan saluran udara untuk memastikan terjadinya pembakaran dengan sempurna.

 

  1. Underfed stoker boiler

Jenis pellet kayu terakhir membentuk kubah tumpukan dimana di tempat tersebut pembakaran akan terjadi. Hampir semua stoker memang memiliki saluran primer dan sekunder seperti jenis ini. Namun, pada bagian ini saluran primer dan sekunder terpisah. Pada saluran sekunder terjadi control pembakaran.

Alasan Penggunaan Wood Pellet

Berbagai alasan memang sudah dikemukakan terkait penggunaan dari energy terbarukan sebagai pengganti energy fosil ini. Ada berbagai alasan menarik untuk dibahas terkait dengan penggunaan pellet kayu dibandingkan energy batu bara.

  1. Ramah lingkungan

Pellet kayu merupakan jenis energy alternative yang sangat ramah lingkungan. Pasalnya, energy ini sendiri memang dibuat menggunakan bahan utama alami limbah kayu. Penggunaan dari bahan tersebut ternyata juga tidak menimbulkan polusi. Jadi, ini akan aman bagi lingkungan sekitar dan kesehatan bumi.

 

  1. Mengurangi limbah

Pellet kayu adalah sebuah bahan yang dibuat dari hasil limbah pengolahan kayu. Ada yang membuatnya dari limbah penggergajian, limbah industri kayu, maupun industri penebangan kayu. Semua limbah nantinya akan diolah dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan semuah produk ramah lingkungan untuk menggantikan energy batu bara.

 

  1. Lebih hemat

Alasan lain mengapa banyak industri rumah tangga serta masyarakat memilih untuk menggunakan pellet kayu adalah karena alasan hemat. Jika dibandingkan dengan BBM dan LPG, jenis energy terbarukan ini memiliki harga yang jauh lebih murah dan penggunaan jauh lebih hemat. Maka, pengeluaran bisa lebih ditekan.

 

  1. Awet walaupun disimpan lama

Energi yang biasa dikatakan sebagai pengganti batu bara ini bisa digunakan dalam waktu lama dan terbukti sangat awet. Jenis energy ini masih bisa digunakan meskipun Anda sudah menyimpannya dalam waktu yang cukup lama.

 

  1. Aman digunakan

Pellet kayu termasuk jenis energy yang aman digunakan jika dibandingkan dengan penggunaan LPG maupun BBM. Potensi bahaya yang disebabkan jauh lebih kecil. Tidak hanya itu, Wood Pellet ini juga tidak menimbulkan polusi yang dapat mencemari kehidupan lingkungan sekitar.

 

  1. Tidak akan habis

Karena dibuat dari bahan-bahan alam berupa kayu yang sejatinya termasuk Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui, maka Wood Pellet bisa digunakan dalam jangka panjang dan tidak akan pernah habis.

Maka, berpikirlah lebih bijak dan pintar mulai dari sekarang. Gunakan WP untuk melakukan penghematan sekaligus menjaga bumi kita agar tidak tercemar. Pilih WP berkualitas hanya di Trade of Indonesia. Untuk informasi pemesanan, hubungi kami by email di https://tradeofindonesia.com/wood-pellet/ atau di nomor telepon 0878 7181 2860. Dapatkan Wood Pellet kualitas terbaik dan termurah disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Language