Pengertian Wood Pellet dan Potensinya

wood pellet

 

Pernahkah Anda mendengar tentang istilah Wood Pellet? Ini menjadi sebuah hal yang menjadi trending topic pada masa sekarang. Istilah tersebut merupakan pengertian dari salah satu jenis energy terbarukan. Seperti yang Anda ketahui, dunia semakin membutuhkan industri terbarukan untuk menggantikan energy yang tidak dapat diperbaharui.

Geliat bisnis untuk industri terbarukan satu ini rupanya sudah dilirik oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan industri kehutanan di Indonesia memang memberikan hasil produksi cukup menjanjikan. Permintaan yang terus meningkat dari berbagai Negara membuat ekspor peluang bisnis energy terbarukan tersebut semakin meningkat pesat.

Asal Muasal dari Wood Pellet

Salah satu jenis energy alternative ini terbuat dari serbuk kayu atau dibuat dari bahan utama kayu. Pada umumnya, bahan bakar satu ini memang sudah digunakan di berbagai Negara yang mengalami empat musim. Energi terbarukan ini digunakan untuk menggantikan penggunaan batu bara.

Terdapat beragam manfaat yang bisa dirasakan oleh para pengguna wood pellet. Beberapa manfaat untuk kebutuhan rumah tangga adalah untuk dijadikan sebagai penghangat ruangan, untuk burner, untuk memasak di atas kompor, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa peluang bisnis ini semakin dilirik oleh masyarakat Indonesia.

Pada umumnya, bahan dasar utama untuk melakukan pembuatan energy alternative tersebut adalah dari limbah penggergajian. Namun, ada pula yang mengambilnya dari limbah tebangan kayu, kerajinan kayu, maupun limbah dari industri kayu lain. Hal paling penting untuk diperhatikan disini adalah bahwa bahan kayu masih memiliki kadar ligan tinggi.

Kadar ligan tinggi tersebut dijadikan sebagai pengganti perekat alami. Dilihat dari fisiknya, energy terbarukan ini memiliki penampilan halu, terdapat retakan, berkilau, dan Nampak seperti crayon. Bahan ini memang mudah sekali terbakar. Hasil nyala api dari bahan tersebut juga bagus serta tenang.

Wood pellet juga bisa dijadikan sebagai salah satu pengganti pembangkit tenaga listrik. Maksudnya disini adalah untuk menggantikan bahan bakar fosil yang semakin menipis persediaannya. Bahan bakar ini juga termasuk salah satu jenis bahan bakar alami dan hasil olahan dari daur ulang.

Potensi Wood Pellet di Mancanegara

Seperti yang sudah Anda ketahui, potensi produk bahan terbarukan ini memang sudah sangat populer di kalangan mancanegara. Bahan bakar primadona ini dijadikan sebagai pengganti dari PLTU batubara maupun pengeringan jasa pada laundry. Ekspor produk tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun.

Untuk pemasaran WP di mancanegara sendiri telah diatur dengan menggunakan model bersama burner atau kompor sebagai pengganti LPG. WP ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga saja, namun digunakan untuk berbagai macam perindustrian pengolahan makanan tahu, ayam, pengusaha kuliner, gorengan, dll.

Permintaan WP di luar negeri hingga saat ini nyatanya terus meningkat. Beberapa Negara tujuan dengan permintaan tertinggi adalah Korea Selatan, Jepang, India, dan China. Secara perlahan, eskpor bahan bakar ini cenderung lebih membaik dibandingkan sebelumnya. Terbukti, permintaannya selalu meningkat di pasar internasional.

Pada sisi lainnya, Negara China kini mulai melarang penggunaan batubara kalori rendah untuk para warganya. Hal ini berkaitan dengan polusi serta emisi sulfur tinggi. Begitu pula dengan Negara Amerika Serikat dan Australia. Kedua Negara ini meminimalkan penggunaan batubara. Indonesia secara perlahan juga menggantikan batu bara dengan energy WP.

Berbagai alasan dikemukakan mengapa energy dari Wood Pellet ini mampu menghempaskan penggunaan dari energy Batu Bara.

  1. Kalori dari WP terbilang lebih rendah dibandingkan kalori dari batu bara
  2. Biaya listrik lebih murah
  3. Pelet kayu menjadi sebuah energy terbarukan dengan bahan alami yang bisa didapat dari lingkungan. Hal tersebut sudah dipastikan ramah lingkungan untuk masa depan bumi dan anak cucu negeri.
  4. Produksi dari karbon yang dihasilkan oleh pellet kayu lebih rendah dibandingkan karbon yang dihasilkan oleh batu bara.
  5. Permintaan pellet kayu yang selalu berkesinambungan membuat menejemen hutan bisa lebih diperbaiki.
  6. Permintaan pellet kayu untuk Indonesia berdatangan dari berbagai Negara. Hal tersebut memberikan sebuah peluang untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Pembuatan Pellet kayu terus dikembangkan di berbagai pelosok negeri. Bagi Anda yang sedang mencari pellet kayu terbaik, Anda bisa melakukan pembelian di tempat kami.  untuk melakukan pemesanan. Untuk lebih jelasnya, hubungi kontak kami  :

website :https://tradeofindonesia.com/wood-pellet/ 

Hp : 0878 7181 2860. 

Dapatkan Wood Pellet berkualitas dan murah hanya di tempat kami

Language