Kegunaan Biomassa dalam Mengurangi Efek Rumah Kaca

Biomassa dan Efek Rumah kaca

Info Konsultasi dan Pemesanan wood Pellet :

No WA : 0878 7181 2860

website : https://tradeofindonesia.com/wood-pellet

Biomassa sebagai bahan alternative yang bisa menggantikan BBM dan LPG sudah digunakan oleh masyarakat di jaman sekarang. Tidak hanya digunakan di Indonesia, namun sumber energy alternative ini juga sudah digunakan di berbagai penjuru dunia. Bahan yang digunakan relative mudah ditemukan dan sangat menarik karena harganya yang murah.

Berbagai manfaat bisa digunakan oleh umat manusia dari sumber daya terbarukan ini. Selain mengurangi berbagai macam polusi dan emisi rumah kaca, nyatanya Sumber energy ini memang layak digunakan. Setiap orang bisa memanfaatkannya tanpa takut akan kehabisan. Hal ini karena bahan baku pembuatannya bisa didapatkan dengan mudah di alam.

Fakta Menarik Tentang Biomassa

Ada berbagai macam hal yang membuat sumber daya ini lebih dipilih untuk digunakan. Tidak hanya untuk tujuan melestarikan bumi, namun penggunaannya benar-benar efektif dan bisa mengurangi polusi yang semakin meningkat. Berikut beberapa fakta menarik terkait dengan energy terbarukan ini.

  1. Minyak tidak akan digunakan lagi di masa depan

Penggunaan biomassa menggunakan minyak bumi tidak akan digunakan lagi di masa depan. Minyak bumi adalah sumber daya fosil yang terbentuk lama sejak berjuta-juta tahun lalu.

 

Untuk mendapatkannya lagi, ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Adanya energy alternative ini akan menghemat minyak dan mungkin saja minyak tidak akan lagi digunakan.

 

  1. Bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga

Kompor kayu biasanya digunakan oleh masyarakat untuk menggantikan kompor gas dan kompor minyak. Namun, cara ini terbilang tradisional dan tetap menghasilkan polusi. Kini, masyarakat bisa menggunakan energy biomassa modern.

 

  1. Sebagai sumber penciptaan biogas

Anda sudah pasti pernah mendengar tentang sumber daya terbarukan biogas. Sebenarnya, biogas merupakan proses pemekaran dari biomassa. Penciptaan biogas mungkin bisa Anda saksikan ketika Anda berkunjung ke peternakan sapi perah. Pupuk kandang yang dihasilkan menghasilkan gas yang bisa diolah menjadi energy listrik.

 

  1. Diciptakan dari proses daur ulang

Proses penciptaan energy alternative ini dilakukan melalui proses daur ulang. Setiap hari, ada saja bahan sampah yang bisa didaur ulang untuk menghasilkan energy terbarukan tersebut. Listrik yang dihasilkan pun cukup besar dan bisa menghemat penggunaan daya kebutuhan rumah tangga.

Pemanfaatan Biomassa dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagai salah satu energy terbarukan, maka sumber daya ini memang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia bisa memanfaatkannya untuk berbagai bidang kehidupan.

  1. Mengurangi tingkat metana atau efek rumah kaca

Di era yang serba ada seperti sekarang, gas metana memang semakin meningkat. Ini diakibatkan karena polusi yang semakin parah dalam kehidupan. Untuk mengurangi hal tersebut, maka produk sumber energy alternative ini bisa digunakan. Hal tersebut tentunya bisa mengurangi tingkat metana di atmosfer.

 

  1. Mengurangi resiko hujan asam

Polusi yang semakin banyak dihasilkan oleh perindustrian, asap kendaraan, maupun aktifitas manusia membuat kualitas hujan menjadi semakin buruk. Hujan asam bisa terjadi di berbagai wilayah. Penggunaan bahan energy alternative membuat hujan yang turun menjadi lebih berkualitas.

 

  1. Mencegah kebakaran hutan

Salah satu penyebab dari kebakaran hutan adalah tumbuhnya pohon dengan populasi sangat padat. Pembuatan energy alternative yang didapatkan dari pepohonan bisa mengurangi efek kebakaran karena kayu menjadi bahan utama dari pembuatan energy alternative jenis ini.

 

  1. Sebagai pengganti bahan bahan fosil yang sangat lama pembentukannya

Setiap orang pasti sudah tahu bahwa bahan bakar fosil membutuhkan waktu yang sangat lama dalam pembentukannya. Tidak hanya itu, harganya juga cukup mahal dan membuat manusia melakukan pemborosan.

 

Polusi pun juga akan tetap dihasilkan dengan menggunakan bahan bakar fosil. Untuk itu, hadirlah energy terbarukan jenis ini untuk menggantikannya. Bukan hanya ramah lingkungan, namun kehadirannya akan membantu alam menjadi lebih baik dan bebas dari polusi.

 

  1. Bisa digunakan secara langsung maupun tidak langsung

Produk olahan sumber energy alternative ini nyatanya bisa digunakan secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung, produk ini bisa diolah menjadi bahan bakar. Contohnya, kelapa sawit diolah menjadi biodiesel untuk dijadikan sebagai bahan bakar.

Lingkungan yang baik dan aman akan tercipta dari manusia yang pandai dalam memanfaatkan lingkungannya. Beralihlah ke produk energy alternative. Gunakan produk alternative dari kami dengan menghubungi:

Info Konsultasi dan Pemesanan wood Pellet :

No WA : 0878 7181 2860

website : https://tradeofindonesia.com/wood-pellet

 

Language