Biomassa, Bahan Bakar Alternatif Menarik di Era Serba Ada

Biomassa
Biomassa Wood Pellet

Biomassa merupakan salah satu jenis energy terbarukan dan sudah banyak dimanfaatkan. Sumber Daya Alam dari bahan tambang fosil memang semakin menipis. Ini membuat masyarakat kekurangan dalam memanfaatkan energy tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Itulah mengapa, energy terbarukan perlu untuk diberdayakan.

Sebenarnya, ada berbagai jenis energy alternative telah dikembangkan mulai dari biodessel dan bioetanol. Kedua sumber daya alternative tersebut dibuat dengan menggunakan bahan Sumber Daya Alam Alami di lingkungan sekitar. Jadi, energy tersebut bisa terus digunakan tanpa takut akan habis.

Beberapa Kegunaan Biomassa pada Saat Ini

Sumber daya alternative terbarukan ini memang diyakini bisa mengurangi penggunaan SDA yang tidak dapat diperbaharui. Energi ini bisa digunakan secara berulang-ulang tanpa takut akan habis. Hal ini tidak seperti ketika Anda menggunakan minyak bumi atau bahkan batu bara yang jika digunakan terus menerus pasti akan habis.

Energi ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Jenis energy terbarukan ini sering kali disebut dengan nama biofuel. Bahan-bahan utama untuk digunakan untuk melakukan pembuatan biomassa adalah tanaman pertanian, limbah industri, serta limbah rumah tangga yang memiliki sifat organic.

Jenis paling sederhana dan merupakan bahan pembuat bahan bakar terbarukan ini sejak jaman dahulu adalah kayu. Pembakaran dari kayu akan menghasilkan panas dan uap dan bisa menggantikan penggunaan LPG serta minyak bumi. Selain dibuat dengan menggunakan bahan tanaman, energy ini juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan hewan dan bakteri.

Rangkaian dari proses fotosintesis yang dilakukan melalui bantuan sinar matahari akan menghasilkan makanan bagi tumbuhan. Makanan itulah yang akan digunakan oleh manusia dan binatang untuk menghasilkan energy jika dikonsumsi. Namun jika tidak dikonsumsi, energy tersbut akan diuraikan dan menghasilkan metana serta karbon untuk kembali ke dalam atmosfer.

Biomassa bisa dibedakan menjadi dua jika dilihat dari jenis penyusunnya. Keduanya adalah sebagai berikut:

  1. Tipe basah

Untuk tipe ini, bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah kotoran ternak dan sampah-sampah organic dari rumah tangga.

 

  1. Type Kering

Untuk jenis ini, bahan yang digunakan untuk melakukan pembuatan adalah daun kering, jerami, limbah kayu, dan lain-lain.

Keunggulan dari Produk Biomassa

Keberadaan dari energy alternative atau terbarukan semakin bisa dirasakan oleh umat manusia. Sudah jelas, kehadirannya membuat keuntungan dan kelebihan tersendiri bagi banyak orang. Ada berbagai poin dan keunggulan dari biomassa tersebut dibandingkan dengan energy-energi yang cepat habis.

  1. Mengurangi impor bahan bakar fossil

Indonesia merupakan salah satu Negara yang melakukan impor bahan bakar fosil. Hal ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan BBM di tanah air yang semakin meningkat. Penggunaannya juga sangat boros dan begitu cepat habis. Keberadaan energy alternative ini bisa dijadikan solusi untuk menghemat bahan bakar fosil.

 

  1. Mengurangi sampah

Sampah adalah isu besar yang dihadapi oleh tanah air. Keberadaan sampah selalu menggunung dan bisa menyebabkan berbagai macam bencana termasuk banjir dan tanah longsor. Penggunaan bahan bakar satu ini sangat ramah lingkungan dan dijamin tidak menghasilkan polusi serta sampah.

 

  1. Mengurani emisi rumah kaca

Seperti yang Anda ketahui, emisi rumah kaca mulai meningkat di kehidupan modern. Penggunaan bahan bakar membuat lapisan ozon semakin menipis. Dengan demikian, ini waktunya bagi setiap orang untuk beralih untuk menggunakan energy alternative. Selain hemat, lapisan ozon dan emisi rumah kaca bisa dicegah.

 

  1. Mudah ditemukan di berbagai wilayah

Indonesia adalah Negara dengan SDA yang sangat melimpah. Berbagai tanaman dan binatang bisa ditemukan di berbagai penjuru tanah air. Itulah mengapa, keberadaan sumber energy alternative bisa ditemukan dan dibuat dengan sangat mudah di berbagai kehidupan di tanah air.

 

  1. Mengubah sampah menjadi barang yang lebih berguna

Sumber Energi Alternatif ini terbuat dari sampah. Jadi, masalah sampah akan segera tertangani dengan baik jika Anda lebih memilih untuk menggunakan energy alternative ini. Daripada sampah langsung dibakar dan menjadi tidak berguna serta menyebabkan emisi rumah kaca, akan lebih baik untuk diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Setiap orang bisa memilih untuk berubah ke arah yang lebih baik. Siapa saja dapat menciptakan lingkungan untuk kehidupan yang lebih hemat. Gunakan produk energy alternative mulai dari sekarang dengan menghubungi kami di https://tradeofindonesia.com/wood-pellet/. Anda bisa melakukan pemesanan di kontak 0878 7181 2860. Gunakan Biomassa untuk kehidupan yang lebih baik.

 

 

Language